Di Code-writerTalk #3 , kita sudah membahas sekilas tentang algoritma. Kawan, salah satu manfaat algoritma adalah untuk melatih logika kita lho! Dan ini sangat bermanfaat banget kalau kita belajar pemrograman. Kalau algoritma kita sudah terlatih, itu akan mempermudah kita buat belajar pemrograman. Soalnya dulu di awal-awal belajar pemrograman, terasa banget agak -agak macet gimana gitu waktu membuat program. Dan begitu sudah belajar algoritma, perkembangan baiknya cukup signifikan. Oleh karena itu, algoritma juga sering dijadiin bahan tes buat yang mau ngelamar kerja sebagai programmer. Teringat dengan apa yang ditanyakan oleh salah satu kawanku, " Kamu tau ga cara buat segitiga siku-siku pakai PHP? " Lalu saya tanya, memangnya buat apa bikin segitiga siku-siku? Dia bilang itu buat tes lamaran kerja. Jadi, gimana cara membuat segitiga siku siku dengan PHP? Check this out ya!
Sistem yang kita buat itu tidak selalu aman. Tidak ada sistem yang benar - benar seratus persen aman. Selalu ada celah keamanan yang rentan diserang dari luar, terutama apabila sistem yang kita buat sudah terhubung dengan jaringan internet. Selalu ada celah yang luput dari pengamatan. Kabar baiknya, kawan... kita masih bisa mengupayakan untuk mengurangi celah - celah keamanan dalam sistem kita. Salah satunya adalah dengan metode enkripsi. Apa itu enkripsi? Berdasarkan pengertian yang saya ambil di Wikipedia, Enkripsi itu proses buat mengamankan sebuah informasi. Lalu gimana cara mengamankannya? caranya informasi ini diubah menjadi deretan huruf dan angka yang ngga bisa dibaca tanpa pake ilmu khusus. Contoh penggunaannya biasanya buat nyembunyiin password di database. Biasanya setiap password yang disimpan di database itu dienkripsi supaya ga bisa dibaca oleh orang yang ga punya akses.
Re:Code- Beberapa pekan yang lalu, ada kabar baik yang datang dari tim pengembang bahasa pemrograman PHP. Kabar baik itu tentang rilisnya PHP versi terbaru. Ya, PHP versi 7.1.0 akhirnya dirilis dengan fitur-fitur baru yang keren. Yuk kita intip apa saja fitur baru PHP 7.1.0!
Ini adalah tutorial pertama yang ditulis berdasarkan request pembaca. Beberapa waktu yang lalu saya menerima email yang menanyakan tentang install Ruby on rails di Ubuntu 16.04. Nah lho, di luar sana juga banyak teman-teman yang memiliki pertanyaan yang sama bukan?
Suatu sore, saya pernah berdiskusi ringan dengan teman-teman saya. Obrolan kami yang random tiba-tiba saja membicarakan tentang programming. Itu hal yang wajar karena dalam waktu dekat kami akan memulai kegiatan Kerja Praktik. Ya, karena hal itu juga, banyak teman-teman saya yang mulai tertarik dengan programming dan mulai bertanya kepada saya tentang tips agar bisa coding dengan rutin dan konsisten. Dan ini bukan kali pertama saya mendapatkan pertanyaan ini. Nah, lho, di luar sana juga banyak teman-teman yang memiliki pertanyaan yang sama bukan? Kalau begitu, sebenarnya apa sih yang perlu dilakukan supaya bisa terus coding secara rutin dan konsisten? Pertama, mulailah coding! Ya, cara terbaik untuk coding adalah dengan memulai coding itu sendiri. Coding adalah kata kerja, artinya harus dikerjakan, harus dilakukan. Coding tidak hanya dibayangkan atau diandaikan saja. Mulailah coding dengan memperbanyak kuantitas coding supaya coding bisa menjadi kebiasaan. Kalau sudah terb...
Di postingan sebelumnya , kita sudah membahas tentang cara Membuat Virtual Host dengan XAMPP di Windows . Gimana ? Udah pada nyobain belum? Ternyata membuat virtual Host di Xampp windows itu mudah bukan? Kita tinggal mengatur konfigurasi beberapa file yang ada di folder Xampp. Nah, gimana kalau kita mau bikin aplikasi yang baru? apa perlu kita mengatur konfigurasi lagi? Yep, kita hanya perlu mengatur konfigurasinya aja. Selain dengan membuat domain di virtual host, kita bisa buat subdomain juga lho! Ya, salah satu fitur virtual host Apache itu memudahkan kita sebagai developer untuk host beberapa aplikasi web sekaligus di dalam server yang sama dan masing - masing bisa diakses dengan menggunakan domain name yang berbeda. Gimana kalau aplikasi web yang kita buat itu banyak? Pasti lumayan ribet yah ngatur konfigurasinya. Nah, ada salah satu cara buat memudahkan kita untuk mengatur konfigurasi, yaitu pakai subdomain berbasis wildcard . Kawan, kalau kita pakai wildc...