KONFIGURASI SUBDOMAIN DI VIRTUAL HOST WINDOWS


Di postingan sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara Membuat Virtual Host dengan XAMPP di Windows. Gimana ? Udah pada nyobain belum? Ternyata membuat virtual Host di Xampp windows itu mudah bukan? Kita tinggal mengatur konfigurasi beberapa file yang ada di folder Xampp. Nah, gimana kalau kita mau bikin  aplikasi yang baru? apa perlu kita mengatur konfigurasi lagi? Yep, kita hanya perlu mengatur konfigurasinya aja. Selain dengan membuat domain di virtual host, kita bisa buat subdomain juga lho!

Ya, salah satu fitur virtual host Apache itu memudahkan kita sebagai developer untuk host beberapa aplikasi web sekaligus di dalam server yang sama dan masing - masing bisa diakses dengan menggunakan domain name yang berbeda. Gimana kalau aplikasi web yang kita buat itu banyak? Pasti lumayan ribet yah ngatur konfigurasinya. Nah, ada salah satu cara buat memudahkan kita untuk mengatur konfigurasi, yaitu pakai subdomain berbasis wildcard.

Kawan, kalau kita pakai wildcard subdomain, nantinya kita ga perlu lagi edit-edit file konfigurasi Apache buat inisialisasi virtual host yang baru. Kita cukup buat subdirektori yang sama dengan nama subdomain di server, dan nantinya Apache bakalan pakai direktori itu buat melayani permintaan yang berhubungan dengan subdomain secara otomatis lho!

Terus gimana caranya buat bikin konfigurasi wildcard subdomain? check this out ya!



[a] Pertama kita mesti edit file httpd.conf yang ada di folder C:\xampp\apache\conf.



Buka file httpd.conf, lalu cek line 176, lalu hapus simbol # yang ada di line itu, awalnya kaya gambar di bawah:



terus kita hapus simbol # nya, jadi:




Jangan lupa save lagi filenya setelah kita hapus simbol # nya...

[b] Selanjutnya, kita mesti edit file httpd-vhosts.conf. Nah, file ini ada di folder apache\conf\extra\ di folder installasi XAMPP.



Buka filenya, terus copy kode di bawah ini ke dalam file httpd-vhosts.conf:

 UseCanonicalName Off 

 <VirtualHost *:80> 

     DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/" 

     ServerName localhost 

 </VirtualHost> 

 <VirtualHost *:80> 

     ServerAlias *.localhost 

     VirtualDocumentRoot "C:/xampp/htdocs/%1/" 

 </VirtualHost> 





Kalau sudah, save lagi file httpd-vhosts.conf nya ya..

Oh iya.. kalau kamu udah atur konfigurasi virtual host ngikutin cara di postingan sebelumnya, berarti kamu tinggal tambahin kode ini aja..

 <VirtualHost *:80> 

     ServerAlias *.localhost 

     VirtualDocumentRoot "C:/xampp/htdocs/%1/" 

 </VirtualHost> 



tuh, punya saya juga udah ada settingan dari postingan sebelumnya sama postingan sekarang.. ^^




Nah di konfigurasi ada dua blok konfigurasi. Kode blok pertama bakalan digunain buat handle default (manggil localhost di browser). Kode blok yang kedua digunain buat konfigurasi wildcard virtual hosting, yang bakalan handle request (misal, app1.localhost) yang nantinya bakalan nampilin aplikasi yang ada di direktori app1\ yang ada di direktori C:\xampp\htdocs\. Coba kamu perhatiin di kode di atas ada placeholder %1, nah ntar bakalan disamain sama nama subdomain dari URL request.

[c] Nah, subdomain yang ada di pengaturan langkah sebelumnya itu kan belum ada. Sekarang kita perlu memetakan subdomainnya ke dalam IP address local. Misalnya nih ya, saya punya folder aplikasi namanya belajar_ci sama belajar_php, nantinya kan subdomainnya jadi belajar_ci.localhost sama belajar_php.localhost, sekarang kita perlu memetakan ke dalam IP address local. Caranya masih sama kaya di postingan sebelumnya. Hayo siapa yang masih ingat? Yep, kita perlu edit file hosts yang ada di direktori C:\windows\system32\drivers\etc\.




Buka file hosts. Oh iya, buat sebagian versi windows kita perlu menjadi administrator buat edit file hosts. Kamu bisa edit dengan cara klik kanan text editor kesayanganmu, lalu pilih opsi "Run as administrator". Kalau ada administrator credentials, klik "OK" atau "Yes" aja buat ngelanjutin. Nah, kalau udah jadi administrator, sekarang buka deh file hosts-nya. Karena saya mau masukin subdomain belajar_ci.localhost sama belajar_php.localhost, jadi saya tulis gini di file hosts:

 127.0.0.1    belajar_ci.localhost          belajar_php.localhost 





Kalau kamu sesuain aja sama nama folder aplikasi kamu. Kalau udah tinggal save lagi file hosts-nya. Oh iya kamu perlu ngatur ini setiap kamu mau nambahin subdomain wildcard virtual host, soalnya file hosts di Windows ga support sama entri wildcard. Sebagai alternatif dari langkah ini, kamu bisa pakai DNS server atau local DNS proxy yang support sama wildcard dan yang secara otomotis support request dari *.localhost ke IP address local.

[d] Langkah terakhir, kamu perlu restart Apache pakai XAMPP control panel buat nyobain subdomain baru di localhost. ^^



Selesaaai. Sekarang kita coba panggil belajar_ci.localhost sama belajar_php.localhost di browser! ^^



Semoga bermanfaat... ^^

Komentar

  1. kak mau tanya blok domain yang ga ada di apache saya gimana soalnya ada yang direct ke ip vps saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi Enkripsi dan Dekripsi Menggunakan PHP

Membuat Virtual Host di XAMPP Windows

Membuat Segitiga Siku Siku Dengan PHP

Code-writerTalk #2: Jadi, Harus mulai dari mana?