Membuat Virtual Host di XAMPP Windows



Pernahkah kamu membuka halaman web lalu memperhatikan alamat web tersebut? Pasti pernah dong ya. Misalkan untuk social media seperti facebook, kamu pasti bisa lihat alamat webnya itu web.facebook.com. Pernahkah kamu berfikir kalau kamu ingin buat itu juga di komputer ataupun laptop kamu? Pernahkah kamu berfikir, "Gimana sih caranya bikin alamat web kaya web asli di localhost?" Saya pun pernah berfikir demikian. Dan ternyata caranya cukup mudah lho! Saya nemu cara ini sewaktu menginstall Xampp.

Seperti yang kita ketahui, Kalau kita pakai Xampp itu artinya kita pakai Apache sebagai web server. Nah, apache ini memudahkan kita untuk menjalankan beberapa aplikasi web di dalam server fisik yang sama dan mengaksesnya pakai domain yang sudah dikostum (biasanya, localhost/nama_folder aja). Nah, ini tuh disebutnya virtual hosting dan setiap virtual host itu dapat dipetakan ke dalam subdirektori yang berbeda.

Nah, fitur ini bakalan memudahkan kita sebagai developer supaya bisa mengakses aplikasi web pakai nama domain yang unik. Misalnya, yang sekarang bakalan kita cobain itu bikin domain buat aplikasi perpustakaan. gimana caranya? Check this out ya!


[A] Pertama kita buka folder Xampp (biasanya, C:\xampp) lalu buka file httpd-vhosts.conf pakai text editor kesukaanmu. file ini ada di folder apache\conf\extra\.

       

[B] Misalnya, nama folder perpustakaan nya itu akasia dan ada di dalam folder htdocs. Nah, tambahin kode di bawah ini di file httpd-vhosts.conf yang udah kamu buka:

 <VirtualHost *:80> 
     DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/" 
     ServerName localhost 
 </VirtualHost> 
 <VirtualHost *:80> 
     DocumentRoot "C:/xampp/htdocs/akasia/" 
     ServerName perpustakaan.id 
 </VirtualHost> 




Tekan Ctrl+S atau simpan lagi file httpd-vhosts.conf

Nah, di dalam kode itu kita bisa lihat ada dua konfigurasi virtual host. Yaitu, localhost sama perpustakaan.id (lihat di bagian ServerName).

[1] di block pertama itu default virtual host, dipakai buat semua folder yang ada di htdocs. Nanti kalau diakses, sama kaya biasanya tinggal panggil localhost/nama_folder_aplikasi/

[2] Nah di blok kedua ini kita bikin virtual host pakai nama perpustakaan.id ..Jadi, nanti kalau kita mau jalanin aplikasi perpustakaannya kita tinggal panggil perpustakaan.id di browser kita.

[C] Langkah berikutnya, kita Restart Apache pakai XAMPP control panel. Supaya domain perpustakaan.id nya bisa kita pakai nanti.



[D] Nah, di poin ini, virtual host kita sudah berhasil dikonfigurasi lho! Tapi kawan.. kalau kita panggil perpustakaan.id di browser kita bakalan muncul pemberitahuan error. lah terus gimana? Tenang kawan.. untuk memecahkan masalah ini, kita hanya perlu memetakan domain kostum kita (perpustakan.id) ke IP address local. Buka file C:\windows\system32\drivers\etc\hosts .. nah, untuk buka file ini kita perlu hak akses sebagai administrator (sebagian versi Windows). Klik kanan di icon teks editor kesukaanmu, lalu pilih "Run as administrator".

[E] Nah, kalau udah jadi administrator. Sekarang kita buka file hosts di direktori C:\windows\system32\drivers\etc\



[E] Sekarang tambahin kode di bawah ini:

 127.0.0.1    localhost 

 127.0.0.1    perpustakaan.id 





Simpan lagi file hosts nya.

Nah, sekarang kita coba masukkan URL http://perpustakaan.id di browser. Bakalan muncul web perpustakaan.



Semoga bermanfaat.. Semangat terus belajarnya yaa~! ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFIGURASI SUBDOMAIN DI VIRTUAL HOST WINDOWS

Fungsi Enkripsi dan Dekripsi Menggunakan PHP

Membuat Segitiga Siku Siku Dengan PHP

Code-writerTalk #2: Jadi, Harus mulai dari mana?