Zeal, Offline Documentation Browser



Banyak programmer senior yang bilang untuk menjadi seorang programmer itu kita perlu banyak membaca. Membaca berarti membuka ruang berfikir kita. Itulah mengapa membaca itu menjadi salah satu solusi bagi programmer untuk memecahkan masalah saat mereka menemukan bug dan error. Terutama membaca dokumentasi-dokumentasi resmi dari bahasa pemrograman itu sendiri.



Mengikuti saran dari para senior di bidang pemrograman, saya pun mencoba membaca dokumentasi dari bahasa pemrograman yang saya pelajari di saat menemukan error. Biarpun saya tidak punya bukunya secara fisik, saya bisa membaca dokumentasi itu dengan mengaksesnya langsung melalui internet. Teknologi internet itu benar-benar memudahkan dalam mengakses informasi apapun ya! Hanya perlu terhubung dengan internet dan informasi apapun dapat diakses dengan mudah.


Lalu, pernahkah kamu membayangkan... bagaimana kalau saat kamu menemukan error, kamu gak punya akses internet untuk mengakses dokumentasi bahasa pemrograman yang kamu pelajari, buku yang bisa dijadikan referensi untuk memecahkan masalah kamu gak punya? Pun pengetahuan kamu dalam problem solving masih pas-pasan. dan kebetulan sudah masuk deadline. (ada yang nanya, apa ini pengalaman pribadi?) hihi, iya kamu benar.. ini pengalaman pribadi. Supaya kejadian yang sama tidak terulang lagi, saya pun nyari solusi untuk masalah ini. Kabar baiknya, kawan... kebetulan sewaktu diskusi di grup ada yang ngasih saran untuk mengunduh aplikasi Zeal.

Kemudian kamu bertanya, Apa itu Zeal?
Zeal itu sebuah aplikasi browser dokumentasi offline. Dengan aplikasi ini kamu bisa menyimpan dokumentasi berbagai macam bahasa pemrograman , library dan juga framework, lalu kamu bisa membaca dokumentasi-dokumentasi tersebut secara offline. Jadi kamu ngga perlu bingung lagi sewaktu pengen membaca dokumentasi tapi gak ada koneksi internet. Nah, katanya Zeal ini terinspirasi dari aplikasi Dash yang biasa digunakan oleh pengguna Mac OS X dan bisa digunakan untuk pengguna Windows dan Linux. Dan kabar baik lainnya, Zeal ini termasuk Open Source dan free software. Yeay~! ^^



Lalu, ada dokumentasi apa aja sih yang bisa kita simpan dan baca secara offline di Zeal?
Nah, untuk saat ini ada banyaak banget dokumentasi yang bisa kamu unduh. Tepatnya ada 198 set dokumen yang bisa kita unduh dan dibaca secara offline. Iya, kamu benar.. ^^ Jadi, kita mesti download dulu set dokumennya. Setelah didownload baru deh kita bisa baca dokumen itu secara offline.



Dan, setelah saya coba, cara menggunakannya pun cukup mudah. Dalam penggunaan Zeal, kita bisa mencari dari seluruh set dokumen yang tersedia ataupun secara specific dari dokumentasi tertentu saja dengan menggunakan tanda titik dua (:). Sebagai contoh:

[1] Jika kita masukan keyword 'Namespace', maka Zeal bakalan mencari ke seluruh set dokumen untuk mencari 'Namespace'.



[2] Jika kita masukan keyword 'PHP:Namespace', maka Zeal bakalan mencari 'Namespace' dari dokumen PHP aja.



Mudah kan? Tinggal masukin keyword yang mau dicari, nanti bakalan muncul hasilnya di page sebelah kanan. Selain itu, Aplikasi Zeal bakalan menampilkan saran yang berhubungan dengan keyword yang kita cari dengan menampilkan 'See Also'. Oh iya kamu juga bisa mengunjungi URL dari dokumentasinya juga lho! Kamu tinggal klik tombol 'Open URL' yang ada di kanan atas.

Lalu, gimana sih cara menginstall Zeal? Try this out ya!
[a] Pertama untuk mengunduh aplikasi Zeal, kamu bisa kunjungi langsung web resminya di sini. Untuk pengguna Windows, kamu tinggal unduh Installer versi Windows. Setelah itu kamu install kaya biasa. Untuk pengguna Ubuntu bisa menggunakan perintah ini di terminal..

 $ sudo apt-get install zeal  


Atau bisa menggunakan PPA juga, ketik perintah ini di terminal:

 $ sudo add-apt-repository ppa:zeal-developers/ppa  
 $ sudo apt-get update  
 $ sudo apt-get install zeal  

Kamu tunggu sampai aplikasi Zeal terinstall.

[b] Nah, setelah itu, kita mesti mengunduh set dokumen yang ingin kita simpan. Seperti yang dijabarkan sebelumnya, untuk saat ini ada 198 set dokumen yang tersedia. Nah, untuk mengunduhnya, klik File->Options->Docsets. Di jendela ini kita bisa memilih set dokumen yang ingin kita unduh, tinggal ceklist lalu klik download.



Sekarang aplikasi Zeal kita sudah bisa dipakai dan gak perlu lagi bingung kalau kita gak punya koneksi internet untuk mengakses dokumentasi resmi dari bahasa pemrograman yang sedang kita pelajari.

****

Banyak programmer senior yang bilang untuk menjadi seorang programmer itu kita perlu banyak membaca. Yup, I absolutely agree with that. Membaca berarti membuka ruang berfikir kita. Itulah mengapa membaca itu menjadi salah satu solusi bagi programmer untuk memecahkan masalah saat mereka menemukan bug dan error. Terutama membaca dokumentasi-dokumentasi resmi dari bahasa pemrograman itu sendiri.

Semoga bermanfaat... ^^

****
Note: 
Sebagian gambar diambil dari berbagai sumber melalui google untuk keperluan ilustrasi, credits to its owner.. ^^

Referensi:
https://zealdocs.org/
https://zealdocs.org/download.html 
https://zealdocs.org/usage.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFIGURASI SUBDOMAIN DI VIRTUAL HOST WINDOWS

Fungsi Enkripsi dan Dekripsi Menggunakan PHP

Membuat Virtual Host di XAMPP Windows

Membuat Segitiga Siku Siku Dengan PHP

Code-writerTalk #2: Jadi, Harus mulai dari mana?