Code-writerTalk #2: Jadi, Harus mulai dari mana?




Di antara pertanyaan – pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pemula (termasuk saya) dalam memulai belajar bahasa pemrograman adalah, “Jadi, harus mulai dari mana?”. Ya, Mungkin kamu juga pernah berfikir dari manakah kamu harus memulai jika ingin belajar bahasa pemrograman? Bagaimana caranya supaya bisa membuat program? Bagaimana caranya supaya jago bikin program? Check this out ya!

[1] Tak Kenal Maka Ta’aruf


Maksudnya sebelum memulai sesuatu, kamu harus tahu dulu apa yang ingin kamu lakukan itu. Biasanya kita akan tambah semangat dalam melakukan sesuatu itu kalau sudah tahu informasi tentang apa yang akan kita lakukan. Semakin banyak informasi yang kamu tahu akan semakin baik. Biasanya akan meningkatkan level keinginan kita dalam melakukannya. Ya, kamu harus tahu apa sih Programming  itu? Apa programming itu hanya sekedar ‘kamu nulis kode di text editor dan kamu bisa bikin program’?
Kawan, programming itu bisa juga digunakan untuk menebarkan kebaikan dan kebermanfaatan. Boleh jadi program yang kamu buat itu menjadi solusi untuk masalah orang lain. Boleh jadi program yang kamu buat itu mempermudah orang lain. Boleh jadi program yang kamu buat itu membuat orang lain ketawa – ketiwi bahagia. Boleh jadi program yang kamu buat itu membuat orang lain juga ikut menebarkan kebaikan. Boleh jadi program yang kamu buat itu membuka jalan untuk menjemput rezeki. Boleh jadi program yang kamu buat itu bisa jadi lapangan pekerjaan bagi orang lain.
See? Hanya membayangkannya bikin kita tambah semangat ‘kan?

[2] Pilihlah Sebuah Bahasa Pemrograman


Di dunia IT ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari. Dimulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah dan bahasa tingkat tinggi. Ada manfaat tersendiri jika kamu mau mempelajari berbagai bahasa pemrograman. Saya juga mempelajari beberapa bahasa pemrograman sekaligus, di antaranya C++, JAVA, VB dan PHP. But, according to my exprience (yang seorang newbie).. ada baiknya kamu memilih hanya salah satu bahasa pemrograman saja. Pilihlah satu yang menarik hati. Kuasailah satu terlebih dahulu. Kuasai secara mendalam. 


[3] Mulai Belajar, Mulai Dari Yang Sederhana


Ya, setelah memilih bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari, mulailah belajar. Ada banyak sekali cara yang asyik untuk belajar bahasa pemrograman. Kamu bisa belajar dari buku – buku pemrograman, bisa dari artikel – artikel di internet,  bisa nonton langsung tutorialnya di internet, bisa juga belajar langsung dari web yang bisa membimbingmu langsung tentang pemrograman, misalnya, sekolahkoding.com, codeacademy.com, w3school.com dan lain sebagainya. Dan tentu saja lebih asyik kalau ada teman yang bisa diajak belajar bersama.
Mulailah belajar dan cobalah membuat program – program sederhana. Kamu bisa membuat program sederhana sederhana dari pelajaran matematika, yang dasarnya juga gapapa kok, misalnya membuat program untuk menghitung luas persegi panjang, menghitung luas lingkaran, menghitung volume, atau program sederhana untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian juga bisa jadi ide yang bagus untuk memulai.

[4] Nikmati Proses



Yup, we already know that everythings need a process. Segala sesuatu itu memerlukan proses. Kalau kamu ingin belajar pemrograman, kamu harus siap menjalani prosesnya, tidak ada yang instan untuk mempelajari sesuatu. Tidak pernah saya mendengar cerita ada orang yang ingin menjadi seorang programmer, kemudian dia males-malesan, nonton tv, main game, terus dia tidur dan pagi harinya, tiba – tiba dia bisa membuat program super keren yang bisa mengalahkan facebook, twitter atau software buatan Google. Tidak pernah. Dan tidak ada ceritanya kita sedang jalan – jalan di mall, tiba – tiba ada seekor laba – laba yang menggigiti kita, kemudian kita ketiduran di tengah mall, dibangunkan satpam dan setelah itu kita langsung bisa jago coding sambil gelantungan di pohon. Ini Juga tidak mungkin.
Ada proses yang harus dilalui. Tidak mudah memang, but, i’m sure you will love it. Kamu akan menikmati setiap prosesnya. Saat kamu menikmati proses, kamu nemu error di program kamu pun menjadi hal yang paling menarik. Menurutku, salah satu hal yang paling menarik waktu belajar programming adalah saat menemukan error. Lho kok nemu error malah menarik? Ya, menarik banget lho! Itu bikin kamu muter – muter otak untuk nyari solusinya, kaya lagi mecahin teka – teki di game RPG. Begitu nemu solusinya, rasanya bahagiaaa bangeeeeet! Yep, termasuk bagian paling menyenangkan saat kamu nemu error, lalu kamu bisa menemukan solusi untuk memperbaikinya. Ada kebahagian tersendiri hihi.

[5] Bergabung dengan komunitas pemrograman


Kawan, kamu tidak sendiri. Di luar sana banyak sekali orang – orang seperti kamu yang sedang belajar atau bahkan sudah menguasai pemrograman. Dan biasanya ada komunitas khusus orang – orang yang suka pemrograman seperti kita. Menyenangkan sekali kan kalau ada teman yang sama hobinya sama kita? Karena itu bergabung dengan komunitas bisa jadi ide bagus supaya kamu tambah semangat untuk belajar dan berkarya. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil kalau kita bergabung dengan komunitas.

Gimana, mulai ada gambaran apa saja yang mesti dilakukan kalau kamu ingin mulai belajar pemrograman kan? Satu hal penting yang harus kamu ingat adalah bahwa tidak ada yang instant dalam mempelajari sesuatu, semuanya memerlukan proses, termasuk belajar pemrograman. Mulailah dari segala hal yang kecil yang dapat kamu lakukan.

Semangat terus ya! Selamat belajar.. Semoga menyenangkan.. :D 

***
Note: Gambar diambil dari berbagai sumber di internet untuk keperluan ilustrasi. Credits to owner. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONFIGURASI SUBDOMAIN DI VIRTUAL HOST WINDOWS

Fungsi Enkripsi dan Dekripsi Menggunakan PHP

Membuat Virtual Host di XAMPP Windows

Membuat Segitiga Siku Siku Dengan PHP